Sabtu, 07 Agustus 2010

Keutamaan Puasa Ramadhan

Allah berfirman: " Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia." (QS. Al-Baqarah: 185) Bulan ini dimuliakan dengan " Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan ." (QS. Al-Qadr:3) Allah memberkahi malam tersebut.  " Sesungguhnya Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi." (QS. Ad-Dukhan:3)

Di bulan yang penuh rahmat ini kita harus meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT,  pada bulan ini pula Allah menambahkan rezki orang mukmin. Rosulullah bersabda: " Barang siapa memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka pemberian tersebut merupakan ampunan atas segala dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka, dan dia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi  sedikitpun pahalanya." 

Bukhari meriwayatkan : Rosulullah Saw bersabda. " Jika masuk bulan Ramadhan, maka pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syetan dibelenggu."

Bukhori meriwayatkan: Rosulullaah Saw bersabda :" Demi jiwaku yang ada dalam gengaman-Nya, bau mulut orang yang berpuasa, bagi Allah lebih wangi daripada bau wangi minyak kasturi. (Karena) dia meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena Aku. Puasa adalah milik-Ku dan akulah yang akan memberikan balasannya, dan balasan kebaikan itu adalah 10 kali semisalnya.

Bukhori meriwayatkan :  Rosullullah bersabda, " Barang siapa menghidupkan lailatul qadar dengan penuh keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, maka akan diampuni dosanya yang terdahulu. Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, maka akan diampuni dosanya yang lalu."


Bukhari juga meriwayatkan : Rosulullah saw bersabda: Barangsiapa yang menginfakkan hartanya dijalan Allah maka namanya akan dipanggil-panggil dari semua pintu surga, " Wahai hamba Allah , ini adalah kebaikan." Barangsiapa masuk kelompok pendiri shalat, maka akan dipanggil melalui pintu shalat. Barangsiapa yang masuk kelompok orang yang berjihad akan dipanggil melalui pintu jihad. Barangsiapa masuk kelompok orang yang berpuasa akan dipanggil melalui pintu ar_Rayyan. Barangsiapa termasuk kelompok orang yang bersedekah akan dipanggil melalui pintu sedekah." Abu bakar bertanya," Demi ibu dan bapakku wahai Rosulullah, bagaimana orang yang dipanggil oleh pintu-pintu tersebut secara serentak, mungkinkah seorang akan dipanggil dari setiap pintu tersebut?" Rosulullah menjawab, "Ya, dan aku berharap termasuk di antara mereka."

Mudah-mudahan kutipan ini akan bermanfaat, dan kita akan lebih mengerti keutamaan dari puasa Ramadhan. Amien....



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar